Cara Menggunakan Rumus Excel Terbilang

Pernahkan anda menggunakan rumus excel terbilang? Atau anda sedang mencari tahu bagaimana cara merubah angka menjadi huruf pada aplikasi ms excel? Microsoft excel memiliki kemampuan untuk mengolah data dengan cepat dan akurat seperti melakukan penjumlahan dengan menggunakan fungsi matematika. Selain itu microsoft excel juga dapat melakukan pemilihan data dengan menggunakan fungsi referensi lookup dan logika. Salah satu manfaat penggunaan fungsi-fungsi pada ms excel adalah dapat digunakan untuk membuat kwitansi. Beberapa kendala yang sering dihadapi ketika membuat suatu kwitansi salah satunya adalah angka terbilang.

Rumus Excel Terbilang

Kegiatan ini biasanya merupakan bagian dari tugas mereka yang bekerja pada bidang keuangan, misalnya bagian bendahara. Ada saatnya rumus excel ini digunakan dalam membuat kwitansi maupun laporan keuangan. Selain itu untuk fungsi yang sama dapat juga berguna untuk guru yang sedang mengerjakan raport siswa. Berbeda dengan fungsi ms excel lain yang sudah tersedia di dalam paket standar, rumus excel terbilang termasuk rumus yang unik. Karena anda memerlukan suatu tambahan yang dapat diperoleh dari sumber di luar. Rumus terbilang digunakan untuk merubah angka menjadi huruf, contohnya merubah angka 100000 menjadi "seratus ribu". Untuk itu anda dapat menggunakan Add-Ins, namun sebelumnya anda harus mematikan security macro terlebih dahulu.

Langkah-Langkah Penggunaan Rumus Ecel Terbilang

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan rumus excel terbilang yang dapat diterapkan pada semua versi ms excel.
1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mematikan security macro terlebih dahulu. Cara mematikan security macro yaitu klik menu excel dan pilih Option. Setelah jendela Excel Option muncul maka klik Trust Center, lalu klik Trust Center Settings. Setelah itu akan muncul Macro Settings, lalu klik Enable all Macro kemudian klik Ok 2 kali.

2. Langkah kedua dalam menggunakan rumus excel terbilang yaitu dengan menginstall Add-Ins terbilang excel. Untuk menginstalnya, caranya yaitu dengan mengklik menu File pada ms excel lalu dilanjutkan dengan mengklik Option. Setelah muncul jendela excel option maka selanjutnya anda harus mengklik Add-Ins. Setelah anda mengklik Add-Ins maka klik tombol Go sehingga nantinya jendela Add-Ins akan muncul, kemudian klik Browse. Setelah itu temukanlah letak file Add-Ins Terbilang lalu klik Ok. Sekarang anda dapat mengguanakan fungsi tersebut.

3. Setelah anda selesai menginstall Add-Ins maka langkah selanjutnya dalam menggunakan rumus excel terbilang adalah dengan mengetikkan angka berapa saja pada suatu cell di ms excel, misalnya berada pada cell A1. Setelah itu posisikan kalimat terbilangnya pada cell B1.

4. Untuk mendapatkan hasil berupa excel terbilang pada cell B1 maka anda harus mengetikkan sebuah rumus excel pada cell B1. Sintaks rumus yang dapat anda gunakan adalah =terbilang(A1) pada cell B1 kemudian tekan enter. Dengan cara yang sangat mudah tersebut maka anda dapat memperoleh hasil berupa kalimat bilangan dari angka yang anda ketikkan di cell A1. Dengan menggunakan rumus exel ini anda tidak perlu mengetikkannya secara manual, terlebih lagi jika data yang anda kelola sangat banyak jumlahnya.

5. Jika anda ingin menambahkan kata rupiah pada akhir bilangan, anda dapat melengkapi bagian rumus tersebut dengan menambahkan “& rupiah”. Sehingga sintaks rumus yang harus anda ketikkan adalah =terbilang(A1)&”rupiah”.

6. Selain menambahkan kata anda juga bisa merubah bentuk tulisannya dari huruf kecil menjadi huruf besar hanya dengan cara menambahkan kata UPPER pada bagian depan rumus. Sintaks rumusnya yaitu =UPPER(terbilang(A1)&”rupiah”).

7. Ada juga variasi penulisan lain seperti penggunaan huruf kapital pada setiap awal kata, jadi anda hanya perlu menambahkan kata PROPER. Sehingga rumusnya menjadi =PROPER(terbilang(A1)&”rupiah”).

0 komentar:

Posting Komentar