Cara Membuat Cover yang Bagus di Ms Word 2007 dengan Cepat untuk Pemula

Cara membuat cover yang bagus di ms word 2007 - Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi microsoft word? Aplikasi ms office word sendiri merupakan sebuah aplikasi untuk mengolah  data yang dapat kita gunakan dalam pembuatan sebuah kliping, makalah, novel, karangan, cerpen, cover dan lain sebagainya. Pasti sudah banyak yang memanfaatkan aplikasi ini untuk membantu pekerjaan sekolah, kampus ataupun pekerjaan kantor.

Penggunaan ms word paling banyak dimanfaatkan dalam dunia pendidikan karena aplikasi ini dapat membantu mengerjakan laporan atau makalah maupun untuk membantu pengerjaan skripsi / tugas akhir. Dalam pembuatan suatu laporan atau makalah sudah pasti membutuhkan sebuah cover (sampul).

Dengan membuat cover maka akan membuat laporan ataupun makalah yang dibuat menjadi lebih menarik dan lebih rapi. Biasanya dosen ataupun tenaga pengajar akan melihat suatu laporan dari sampul atau covernya terlebih dahulu. Karena apabila suatu cover menarik maka biasanya isi dari laporan tersebut juga menarik.

Cara membuat cover yang bagus di ms word sendiri bisa menggunakan dua cara yaitu dengan cara manual atau bisa juga menggunakan template yang sudah disediakan oleh ms word. Berikut ini akan dijelaskan satu persatu langkah untuk membuat cover yang biasanya digunakan pada sebuah laporan ataupun makalah.

Cara Membuat Cover di ms word secara Manual

1. Langkah pertama yaitu bukalah aplikasi ms word dan buat dokumen baru. Selanjutnya pilih menu Insert lalu pilih Word Art. Klik salah satu dari jenis word art yang ingin anda gunakan.

Cara Membuat Cover yang Bagus di Ms Word

Tulis judul sesuai dengan tugas yang ingin anda buat. Sebagai contoh lihat gambar berikut.

Tips Membuat Cover yang Bagus di Ms Word

Untuk mengganti warna atau mempertebal garis pinggir pada tulisan anda bisa mengaturnya di menu Format > pilih Shape Fill (untuk warna di dalam tulisan) dan Shape Outline (untuk warna garis tepi tulisan).
2. Selanjutnya buat cover sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Sebagai contoh anda dapat melihat gambar berikut ini.

langkah-langkah Membuat Cover yang Bagus di Ms Word

Langkah terakhir adalah dengan memberikan bingkai pada bagian pinggir. Caranya yaitu klik menu Page Layout > pilih Page Border > pilih bingkai yang diinginkan pada bagian art. Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut.

Cara mudah Membuat Cover yang Bagus di Ms Word

Cara Membuat Cover yang bagus di ms word secara otomatis

Cara membuat cover yang bagus di ms word selain dibuat dengan cara manual, anda bisa juga membuatnya secara otomatis dengan menggunakan cover page. Berikut adalah langkah-langkap membuat cover menggunakan cover page yang telah tersedia di ms word.

1. Langkah pertama yaitu pilih menu Insert > pada Pages group klik Cover Page untuk menampilkan daftar template cover page. Dapat anda lihat pada gambar berikut ini.

Bagaimana Membuat Cover yang Bagus di Ms Word

2. Pilih salah satu template yang anda inginkan. Maka cover page secara otomatis akan ditempatkan pada halaman pertama dokumen seperti gambar di bawah ini.

Membuat Cover yang Bagus di Ms Word

3. Jika anda ingin menempatkan cover page pada halaman lain, maka pada galeri klik kanan cover page yang anda pilih lalu klik pilihan yang diinginkan. Lihat gambar berikut ini.

tutorial Membuat Cover yang Bagus di Ms Word

4. Setelah itu anda bisa mengisi field di cover page seperti judul cover, sub judul, dan yang lainnya.

hasil proses pembuatan cover di ms word

5. Anda bisa mengganti format sesuai keinginan seperti ketebalan tulisan, mengganti warna atau ukuran tulisan. Beberapa template cover page di ms word juga bisa diganti jika anda menginginkannya. Caranya yaitu klik kanan pada gambar lalu pilih Change Picture. Jika tidak tersedia gambar anda bisa menambahkan gambar dengan cara pilih Insert > Illustration group > Insert Picture. Lalu pilih Save untuk menyimpan cover pages.

0 komentar:

Posting Komentar