Cara Membuat Label Ms Word Sendiri dengan Mudah

Cara membuat label ms word baik itu untuk microsoft word 2007, 2010 ataupun 2013 pada umumnya memiliki prinsip yang sama dan hanya melalui proses yang mudah untuk dipahami. Teknologi yang semakin canggih dapat membantu mempermudah pekerjaan. Salah satunya adalah pemanfaatan microsoft word.

Tidak hanya untuk pekerjaan mengetik saja, microsoft word juga dapat membantu untuk membuat label pada undangan pernikahan. Jika dulu dalam pembuatan label untuk undangan pernikahan harus dituliskan satu perssatu nama maupun alamatnya. Kini anda hanya perlu membuatnya dengan menggunakan microsoft word, anda hanya tinggal mengetik dan print lalu selesai.

Langkah-langkah cara membuat label ms word

Meskipun cara membuat label ms word tidak begitu sulit, namun pasti ada yang belum begitu tahu mengenai cara pembuatan label dengan microsoft word ini. Berikut ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah pembuatannya disertai gambarnya.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan kertas stiker label undangan. Kertas stiker ini bisa anda beli di toko-toko buku. Lalu yang sudah pasti harus tersedia ada perangkat komputer beserta software dan juga sebuah printer. Software yang dimaksud adalah microsoft word dan microsoft excel. Perlu diketahui bahwa cara membuat label ms word dapat menggunakan fitur mail merge.

2. Cara membuat label ms word adalah dengan membuat daftar penerima undangan terlebih dahulu. Untuk membuat daftar penerima tersebut anda bisa menggunakan microsoft excel. Pada kolom pertama tulislah “NAMA” lalu di bawahnya tulis daftar nama penerima. Sedangkan kolom kedua tulis “ALAMAT” dan di bawahnya tulis daftar alamat si penerima, seperti gambar berikut ini.

Jika sudah save file tersebut.

3. Cara membuat label ms word selanjutnya adalah dengan membuat template label undangan. Tempale label ini berguna agar ketika diprint data berupa nama dan alamatnya sesuai dengan letak labelnya. Perlu diingat kertas stiker label memiliki ukuran margin yang berbeda jadi harus diukur dengan teliti.
Untuk membuat templatenya buka aplikasi microsoft word lalu pilih tab Mailings > pilih Label.

cara mudah membuat label di ms word

Setelah itu pilih Options...

tutorial membuat label di ms word
Pilih New Label...

tips membuat label di ms word

Lalu isi sesuai dengan ukuran kertas stiker label.

tips mudah membuat label di word
Pada tampilan di atas tertera ukuran yang sesuai dengan kertas label dengan merk Label 103. Setelah semua terisi lalu klik OK. Maka akan tampil seperti gambar berikut lalu pilih New Document.

bagaimana cara membuat label di word

Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini.

cara buat label di ms word

4. Cara membuat label ms word mudah. Dengan bantuan ms excel anda tidak perlu lagi mengetik daftar penerima satu persatu. Setelah anda selesai mengatur template label di ms word, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan data-data penerima dari ms excel ke ms word. Caranya yaitu pada file ms word pilih tab Mailings > Select Recipients > Use Exiting List.

caranya membuat label di ms word

Pilihlah file daftar penerima yang telah anda buat dan anda simpan. Lalu pilih sheet yang berisi daftar penerima yaitu Sheet1$. Klik OK.

tips buat label di microsoft word

Klik pada baris dan kolom pertama label yang ada di ms word. Lalu pilih tab Mailings > pilih Insert Merge Field > piih Nama. Ulangi langkah yang sama untuk alamat.

cara membuat label otomatis di word

Atur jarak tulisan dan bila perlu tambahkan “Di” diantara tulisan NAMA dan ALAMAT. Hasilnya akan seperti di bawah ini.

cara simple membuat label di ms word

Blok kotak pertama tersebut lalu copykan ke kotak di sebelahnya.

cara untuk membuat label di ms word

Lalu klik <<NAMA>> dan letakkan kursor pada bagian kirinya.

cara mudah dalam membuat label di word

Selanjutnya pilih tab Mailings > Rules > Next Record.

cara yang simple membuat label

Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini.

buat label di ms word

Blok kotak kedua lalu copykan ke kotak yang belum terisi. Setelah itu blok semuanya dengan cara tekan Ctrl+A lalu pilih rata tengah (Ctrl+E). Seperti gambar di bawah ini.

langkah membuat label di ms word

5. Langkah terakhir adalah pilih tab Mailings > Finish&Merge > Edit Individual Documents > All > OK.

tahap - tahap membuat label di ms word


Hasilnya seperti gambar berikut dan anda hanya tinggal mengeprintnya saja.

hasil proses membuat abel di ms word

0 komentar:

Posting Komentar