Cara Membuat Sertifikat dengan Ms Word Mudah dan Cepat

Ternyata cara membuat sertifikat dengan ms word sangat mudah. Bahkan anda bisa langsung entry nama dengan mail merge tanpa anda harus repot mengedit atau membuat templatenya dari awal. Anda juga tidak perlu repot mengetikkan nama satu persatu, anda cukup membuat sebuah tabel yang nantinya akan langsung di link kan dengan menggunakan fitur mail merge. Pada artikel kali ini akan disampaikan mengenai langkah-langkah pembuatan sertifikat ataupun piagam dengan menggunakan border atau bingkai yang elegan dan cantik.

Untuk mengetahui cara membuat sertifikat dengan ms word dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah-langkah membuat sertifikat dengan Ms Word

1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat sertifikat yaitu dengan membuka aplikasi microsoft word di komputer atau laptop anda.
2. Sebelum membuat sertifikatnya, anda terlebih dahulu harus mengatur jenis kertasnya yaitu menjadi landscape. Untuk mengatur kertasnya menjadi landscape caranya adalah dengan memilih menu Page Layout lalu kemudian di bagian grup Page Setup pilihlah Orientation kemudian pilih Landscape. Anda dapat melihatnya pada gambar berikut ini.

Cara Membuat Sertifikat dengan Ms Word

3. Untuk memudahkan anda dalam meletakkan simbol atau logo, nama, isi sertifikat dan nama serta tanda tangan, anda dapat menggunakan bantuan tabel. Buatlah tabel yang akan menjadi kerangka sertifikat yang akan anda buat. Cara membuat tabel yaitu dengan memilih menu Insert kemudian pilih Table. Dalam membuat sertifikat, buatlah tabel dengan jumlah kolom sebanyak 3 dan jumlah barisnya juga 3.

Cara buat Sertifikat dengan Ms Word

4. Untuk baris pertama kolom pertama, anda dapat mengisi tabel dengan logo. Lalu pada bagian baris pertama dan kolom kedua tabel isilah dengan tulisan SERTIFIKAT. Sebagai contoh lihat gambar berikut ini.

tips membuat sertifikat dengan Ms Word

5. Pada baris ke dua dari tabel, isilah kolom di tengahnya dengan nama pemilik sertifikat dan isi dari sertifikat tersebut. Anda dapat melihat gambar berikut ini.

langkah - langkah membuat sertifikat dengan Ms Word

6. Sedangkan pada tabel di baris ke tiga anda dapat mengisinya dengan nama dan tanda tangan ketua panita. Selain itu pula ukuran, jenis tulisan dan sebagainya sesuai dengan yang anda inginkan. Sebagai contoh lihatlah gambar berikut ini.

tutorial membuat sertifikat dengan Ms Word

7. Setelah semuanya selesai, anda harus menghilangkan garis tabel. Untuk menghilangkan garis-garis tersebut adalah dengan cara blok seluruh tabel atau bisa dengan menekan Ctrl + A lalu kemudian pilih Borders. Jika pada menu Home, Borders terletak pada grup Paragraf. Selain terdapat pada menu Home, jika memblok tabel tersebut anda akan melihat menu Design. Setelah itu pilih Borders > No Border, letak Borders pada menu Home dapat anda lihat di gambar berikut ini.

bagaimana membuat sertifikat dengan Ms Word

Sedangkan untuk Borders pada menu Design dapat anda lihat pada gambar berikut ini.

Cara mudah membuat sertifikat dengan Ms Word

8. Setelah menghilangkan garis-garis (border) tabel maka tampilannya akan menjadi seperti berikut ini.

tips mudah membuat sertifikat dengan Ms Word

9. Setelah menghilangkan border, saatnya untuk mempercantik tampilan sertifikat. Buatlah bingkai pada sertifikat sesuai dengan keinginan. Cara membuat bingkai pada sertifikat menggunakan ms word adalah dengan cara memilih menu Page Layout > lalu pilih Page Borders.

membuat sertifikat dengan Ms Word

Setelah anda memblok tabelnya lalu anda klik Page Borders maka akan muncul jendela Borders anda Shading. Kemudian untuk menambahkan bingkai anda dapat mengatur Art sesuai dengan yang anda inginkan. Sebagai contoh anda dapat melijat gambar berikut ini.

langkah untuk membuat sertifikat dengan Ms Word

10. Setelah memilih model art yang anda inginkan, pilih OK maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

cara untuk membuat sertifikat dengan Ms Word

11. Selain menambah bingkai untuk mempercantik sertifikat, anda juga perlu mengatur warna Background (latar belakang). Caranya yaitu dengan menggunakan Shading yang terdapat pada menu Home ataupun menu Design. Hasil akhir dari tutorial ini dapat anda lihat pada gambar berikut.

hasil proses pembuatan sertifikat dengan Ms Word

Demikianlah Tutorial membuat sertifikat dengan Ms Word yang dapat kami sampaikan untuk anda, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar