Cara Membuat Kartu Nama Ms Word untuk Pemula

Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara membuat kartu nama ms word. Untuk membuat sebuah kartu nama dengan menggunakan microsoft word tentu yang harus dipersiapkan adalah perangkat komputer dengan software microsoft versi apa saja. Kartu nama (bussines card) merupakan sebuah kartu yang dijadikan sebagai tanda pengenal seseorang selain KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Kartu nama ini bisa kita buat sendiri sesuai dengan keinginan kita. Bagi seorang pebisnis memiliki kartu nama sangat penting karena karena berfungsi untuk mengenalkan diri dan juga profesi yang sedang dijalani sehingga orang akan lebih tau dari kartu nama tersebut.

Saat ini penjual jasa pembuatan kartu nama sangat banyak namun akan lebih bagus anda membuatnya sendiri sesuai dengan desain yang anda inginkan. Selain anda bisa menyesuaikan kartu nama tersebut sesuai dengan keinginan, anda juga jadi dapat menghemat biaya karena tidak perlu membayar jasa pembuatan kartu nama.

Untuk membuat kartu nama menggunakan ms word, anda juga harus terkoneksi dengan jaringan internet. Karena koneksi internet akan digunakan untuk mengunduh template khusus kartu nama yang telah disediakan oleh microsoft. Cara membuat kartu nama ms word sangat mudah. Berikut akan dijelaskan mengenai langkah-langkah pembuatannya.

Cara Membuat Kartu Nama di MS Word Secara Otomatis

1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan perangkat komputer dan printer. Setelah itu buka lembar kerja pada microsoft word. Lalu klik Office Button yang letaknya di pojok kiri bagian atas pada lembar kerja ms word kemudian pilih New.

Cara Membuat Kartu Nama Ms Word

Setelah itu maka akan tampil jendela new document. Pada jendela document ini ada beberapa pilihan. Karena kita akan membuat kartu nama maka pilih Business Cards. Tampilan jendela new document seperti gambar berikut ini.

tips Membuat Kartu Nama Ms Word

Setelah diklik maka tunggulah beberapa saat karena microsoft word akan mengunduh template kartu nama yang telah disediakan oleh microsoft.

2. Langkah selanjutnya anda bisa memilih template yang anda inginkan dengan cara double klik template yang dinginkan. Maka secara otomatis ms word akan mengunduh template tersebut. Setelah selesai terunduh maka akan secara otomatis terbuka. Klik “I Agree” untuk menyetujui penggunaan business cards. Lalu setelah itu klik “Edit Card Text” untuk merubah tulisan pada kartu nama.

Cara Membuat Kartu Nama di MS Word Secara Manual

Jika ingin membuatnya secara manual, berikut langkah-langkah cara membuat kartu nama ms word.
1. Buka microsoft word lalu buat dokumen baru. Setelah itu aturlah Page Layout dokumen tersebut. Untuk ukuran normal kertas A4 maka kita bisa membuat 10 buah kartu nama.
2. Jika anda sudah mengatur ukuran pagenya maka selanjutnya adalah membuat text box. Caranya yaitu dengan memilih menu Insert > Shapes > Text Box. Lalu anda tinggal mengklik dan drop seperti biasa.

cara membuat kartu nama secara manual di ms word

3. Klik Text Box yang tadi telah dibuat sehingga akan muncul menu Format > Size.

langkah langkah membuat kartu nama di ms word

Atur ukuran kartu namanya dengan mengisi “height” dengan 2” sedangkan “width” dengan 3,5”.
4. Lalu pilih menu Page Layout > Text Wrapping > In Line With Text. Hal ini dilakukan agar mempermudah dalam penggandaan kartu nama menjadi 10 buah setiap lembar.

cara buat kartu nama di ms word

5. Buatlah tulisan pada text box yang telah diatur tersebut dengan isi berupa identitas yang anda inginkan. Sebagai contoh anda bisa lihat gambar berikut ini.

tips mudah buat kartu nama di word
6. Jika sudah selesai maka selanjutnya anda perlu mengcopy kartu nama tersebut sebanyak 10 kali lalu print menggunakan kertas A4.

hasil proses pembuatan kartu nama secara manual di word

Demikianlah Langkah demi langkah cara membuat kartu nama melalui microsoft word, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar