Cara Membuat Surat Resmi di Ms Word Khusus untuk Pemula

Kali ini akan dibahas mengenai cara membuat surat resmi di ms word. Surat resmi sendiri merupakan surat yang digunakan untuk kepentingan resmi, baik itu perseorangan, organisasi maupun instansi. Contoh surat resmi yaitu surat undangan, surat pemberitahuan dan surat edaran.

Surat resmi memiliki ciri tertentu, salah satunya yang wajib ada pada surat resmi adalah terdapat kop surat apabila dikeluarkan oleh organisasi. Surat resmi juga memiliki nomor surat, lampiran dan perihal. Selain itu ciri surat resmi lainnya yaitu menggunakan salam pembuka, salam penutup, menggunakan bahasa resmi dan baku serta menyertakan stempel atau cap dari lembaga resmi.

Pada bagian kop surat terdiri dari nama instansi / lembaga yang ditulis menggunakan huruf besar / huruf kapital, alamat instansi / lembaga yang ditulis dengan variasi huruf besar dan kecil, serta logo instansi / lembaga.

Sedangkan untuk bagian isi surat resmi berupa uraian hari, tanggal, waktu dan tempat. Cara membuat surat resmi di ms word dapat menggunakan fasilitas template yang telah tersedia di ms word. Untuk membuat surat resmi dengan template bawaan dari ms word anda tidak perlu mengotak atik ukuran, yang perlu anda lakukan hanya melakukan settingan saja.

Untuk menggunakan template bisa dalam keadaan offline maupun online. Tetapi jika dalam keadaan offline koleksi template suratnya terbatas. Berikut adalah langkah-langkah membuat surat resmi menggunakan ms word.

Cara membuat surat resmi di ms word menggunakan template

1. Buka ms word di komputer anda lalu klik Office Button dan pilih New.

Cara Membuat Surat Resmi di Ms Word

2. Pilih Installed Templates lalu pilih salah satu jenis surat yang tersedia, misalnya Oriel Letters. Lalu klik Create, dapat anda lihat pada gambar di bawah ini.

langkah - lagkah Membuat Surat Resmi di Ms Word

3. Kemudian akan muncul seperti gambar di bawah ini.

tutorial Membuat Surat Resmi di Ms Word

4. Anda hanya perlu menyesuaikan kop suratnya dan juga isi dari surat yang akan anda buat.

Cara membuat surat resmi di ms word manual

Sedangkan untuk Cara membuat surat resmi secara manual bisa anda coba langkah-langkah berikut ini.
1. Bukalah ms word lalu aturlah ukuran kertas yang digunakan pada ukuran A4. Caranya yaitu klik menu Page Layout > pilih Size lalu pilih ukuran kertas A4 dan pastikan Ruller telah aktif.

tips Membuat Surat Resmi di Ms Word

2. Pada surat-surat resmi biasanya menggunakan kkop surat. Untuk membuat kop surat tersebut, caranya dengan double klik pada bagian atas lembar kerja. Setelah itu pada lembar kerja akan muncul Header dan tampilannya seperti gambar berikut ini.

trik Membuat Surat Resmi di Ms Word

3. Tulislah nama instansi / lembaga beserta alamat lengkapnya pada header tersebut. jika anda ingin menambahkan logo atau gambar pada kop surat, caranya yaitu dengan memilih menu Insert lalu pilih Pictures. Pilihlah gambar logo yang akan dimasukkan dan atur posisi gambarnya. Untuk mengatur posisi gambarnya, klik kanan pada gambar logo tersebut lalu pilih Wrap Text > pilih Through. Contohnya seperti gambar berikut ini.

cara mudah Membuat Surat Resmi di Ms Word

4. Untuk membuat garis pada kop surat seperti gambar diatas caranya yaitu dengan memilih menu Insert > pilih Shapes > piih line. Lalu setelah itu tarik garis dari kiri ke kanan pada garis.

cara Membuat kop Surat Resmi di Ms Word

5. Setelah itu tulis surat resmi yang ingin anda buat. Di bagian bawah kop surat terdapat nomor surat, perihal dan lampiran. Selain itu terdapat pembuka surat, isi surat dan penutup. Lalu pada bagian pojok kanan bawah terdapat keterangan tanggal, nama dan tanda tangan pihak dari instansi yang membuat surat resmi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar