Cara Membuat Daftar Isi di Ms Word Secara Otomatis dan Praktis untuk Skripsi

Pada artikel kali ini akan mengulas tentang cara membuat daftar isi di ms word secara otomatis. Daftar isi sendiri merupakan salah satu komponen yang wajib dan harus ada pada sebuah makalah, jurnal, skripsi, terlebih lagi untuk sebuah buku. Namun sangat disayangkan banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara membuat sebuah daftar isi secara otomatis pada ms word. Sehingga kebanyakan dari mereka membuat daftar isi secara manual.

Untuk itu kali ini akan dibahasa mengenai trik untuk membuat daftar isi di ms word secara otomatis. Secara garis besar dalam membuat daftar isi pada ms word secara otomatis membutuhkan 2 langkah. Langkah yang pertama untuk membuat daftar isi yaitu dengan menentukan judul maupun subjudul mana yang akan anda masukkan ke dalam daftar isi tersebut. Langkah yang kedua dalam membuat daftar isi adalah memerintahkan ms word untuk membuat sebuah daftar isi yang berdasarkan judul maupun subjudul yang telah ditentukan sebelumnya.

Langkah - Langkah Membuat daftar isi di Ms Word secara otomatis

Menentukan judul dan juga sub judul

1. Langkah-langkah cara membuat daftar isi di ms word secara otomatis, hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah penentuan judul dan sub judul dari tulisan anda tersebut. caranya yaitu blok teks yang akan menjadi bagian judul kemudian pilih style Heading 1 yang terdapat pada menu Home di dalam grup Styles.

Cara Membuat Daftar Isi di Ms Word Secara Otomatis

2. Gunakan Heading 1 untuk judul utama pada setiap bab. Sedangkan untuk sub judul gunakan Heading 2, Heading 3, dan seterusnya. Jika anda tidak menyukai ukuran, warna ataupun jenis font pada style heading tersebut anda bisa mengubahnya dengan cara mengklik menu Modify di setiap Heading tersebut.

Membuat daftar isi berdasarkan judul maupun subjudul yang telah ditentukan

Setelah anda menentukan judul dan juga sub judul yang akan dimasukkan ke dalam daftar isi. Selanjutnya adalah anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat daftar isi di ms word secara otomatis. Namun ada sedikit perbedaan cara pada ms word 2003 ke bawah dengan ms word 2007 ke atas.

Membuat daftar isi di Untuk MS Word 2000, 2002 dan 2003

Untuk membuat daftar isi secara otomatis di ms word 2003 ke bawah anda dapat mengikuti langkah berikut ini.

1. Klik pada bagian kosong dimana anda akan meletakkan daftar isi.
2. Kemudian tampilkan jendela Table of Contents yaitu dengan cara memilih menu Insert > pilih Index and Tables (pada ms word 2000) atau pilih menu Insert > Reference > pilih Index and Tables (untuk ms word 2002 dan ms word 2003).
3. Lalu setelah itu klik pada Table of Contents lalu klik Ok.

Membuat daftar isi di Untuk MS Word 2007, 2010 dan 2013

Sedangkan cara membuat daftar isi di ms word secara otomatis khusus ms word 2007, 2010 dan 2013 anda dapat mengikuti langkah berikut ini.

1. Klik pada bagian kosong dimana anda akan meletakkan daftar isi.
2. Pilih menu References > pilih Tables of Contents.

Langkah-langkah Membuat Daftar Isi di Ms Word Secara Otomatis

3. Pilihlah opsi yang pertama dan kedua yang ada di dalam daftar tersebut. kedua opsi yang dipilih tersebut akan membuat sebuah daftar isi secara otomatis yang berdasarkan judul dan sub judul yang telah anda tentukan sebelumnya.

4. Jika anda ingin membuat sebuah daftar isi secara manual maka anda dapat memilih opsi nomor 3. Opsi tersebut sangat tidak disarankan untuk digunakan karena dapat memakan waktu yang lebih lama. Sehingga pekerjaan anda menentukan judul dan sub judul akan menjadi sia-sia.

5. Selain kedua opsi tersebut, anda juga dapat memilih opsi lain yaitu Custom Table of Contents. Opsi ini untuk membuat daftar isi yang sesuai dengan keinginan anda.

0 komentar:

Posting Komentar