Cara Menggunakan Rumus Excel Sum

Rumus excel sum merupakan salah satu dari fungsi yang ada pada microsoft excel dan berfungsi sebagai fungsi matematika dan trigonometri yaitu menambahkan suatu nilai. Dengan menggunakan rumus sum pada ms excel anda bisa menambahkan nilai individual, nilai referensi sel, nilai rentang ataupun nilai dari campuran nilai individual, referensi sel dan rentang.aplikasi microsoft excel sendiri banyak menyediakan fasilitas yang dapat membantu user dalam mengoperasikan maupun mengolah data terutama data-data yang berhubungan dengan rumus dan angka. Rumus yang telah disediakan sangat banyak mulai dari yang sederhana hingga rumit bahkan rumus yang sering digunakan sehari-hari.

Rumus excel sum termasuk rumus di microsoft excel yang paling sering digunakan. Rumus sum ini tidak hanya satu, tetapi ada beberapa jenis rumus sum yang memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Rumus sum pada ms excel ini secara umum merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung atau menjumlahkan nilai data tertentu pada suatu range. Perlu untuk diketahui bahwa penggunaan rumus sum ini dapat anda sesuaikan dengan data yang anda kelola. Ada 8 jenis rumus sum yang terdapat pada microsoft excel yang dapat anda gunakan untuk mengelola data anda.

Rumus excel sum serta contohnya

Rumus sum merupakan rumus yang termasuk pada fungsi matematika dan trigonometri. Rumus ini biasanya digunakan untuk menjumlahkan nilai data. Rumus ini paling sering digunakan oleh user dalam mengelola data. Sintaks pada rumus sum yaitu =SUM(number1;number2;...) atau bisa juga dengan sintaks =SUM(Range). Number1, number2 dan seterusnya merupakan bilangan yang akan dijumlahkan. Pada data tersebut dapat ditulis langsung angkanya atau sel, misalnya A2;A3, dst.

Sedangkan range adalah data yang berada di beberapa sel, misalnya range A2:A5. Selain itu rumus sum tidak hanya itu saja, salah satu jenis rumus sum yaitu rumus sumif. Rumus sumif ini berfungsi untuk menjumlahkan data numeric suatu range yang sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Sintaks rumus sumif yaitu =SUMIF(range;criteria;[sum_rang]).

Sama halnya seperti rumus sumif, rumus excel sumifs juga berfungsi menjumlahkan data-data numeric suatu range yang sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Namun perbedaannya yaitu rumus sumifs bisa lebih dari satu kriteria. Sintaks rumus sumifs adalah =SUMIFS(sum_range;range_kriteria_1;kriteria_1;range_kriteria_2;kriteria_2... dst).

Rumus sum lainnya yaitu rumus sumproduct. Rumus sumproduct ini memiliki fungsi yaitu dapat digunakan untuk menentukan nilai pada suatu data dengan menggunakan kriteria tertentu. Pada kehidupan sehari-hari rumus sumproduct dapat digunakan untuk menghitung gaji, merekap hasil penjualan ataupun menghitung jumlah pembelian. Sintaks rumus sumproduct yaitu =SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], ...).

Sedangkan rumus sumsq berfungsi untuk menentukan jumlah nilai kuadrat dari data yang dimasukkan. Sintaksnya yiatu =SUMSQ(number1;number2;...). Selain itu ada juga rumus sumx2my2, sumx2py2 dan rumus sumxmy2. Sintaks rumus sumx2my2 yaitu =SUMX2MY2(array_x;array_y). Untuk sintaks rumus sumx2py2 yaitu =SUMX2PY2(array1;array2). Sedangkan sintaks rumus sumxmy2 adalah =SUMXMY2(array1;array2).

Contoh penggunaan rumus excel sum

Untuk belajar menggunakan rumus excel sum anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini:
  1. Bukalah microsoft excel anda lalu buat sebuah data seperti gambar berikut ini.
  2. Pada contoh di atas terdapat 3 buah data yang harus dijumlahkan.

Contoh Penerapan Rumus Excel SUM

Untuk menjumlahkannya maka anda harus menuliskan rumus sebagai berikut.
Pada sel D4, tuliskan rumus: =SUM(3;5;7) atau =SUM(A2;B2;C2) atau bisa juga dengan rumus =SUM(A2:C2). Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini.

Rumus Ecel SUM


0 komentar:

Posting Komentar