Contoh Dan Penerapan Rumus Excel Round

Microsoft Excel menyediakan sebuah fungsi untuk dapat membulatkan data dalam bentuk angka, baik itu data numerik maupun decimal tertentu. Fungsi-fungsi tersebut adalah ROUND, ROUNDUP dan juga ROUNDDOWN, dimana penggunaannya tergolong sangat mudah sekali. Untuk artikel ini, pembahasan akan dikhususkan pada contoh dan penerapan rumus Excel round.

Pengertian Dan Fungsi Rumus Excel Round

Fungsi ROUND merupakan fungsi pembulatan yang standar. Untuk pembulatan keatas maka menggunakan fungsi ROUNDUP, sedangkan untuk pembulatan kebawah menggunakan fungsi ROUNDDOWN. Rumus ini digunakan jika ada data yang ingin dibulatkan menjadi jumlah digit tertentu. Contohnya adalah jika anda memiliki angka 23,6547, kemudian anda ingin membulatkan menjadi dua tempat decimal saja maka hasilnya adalah 23,65.

Cara Penulisan Rumus Excel Round

Cara penulisan atau yang disebut juga syntax untuk rumus Excel round ini adalah sebagai berikut:
=ROUND(angka, digit_pembulatan)
  • Angka merupakan data yang akan diproses, dan angka ini dapat berupa numerik dan decimal.
  • Digit_pembulatan merupakan jumlah digit yang anda inginkan dari data anda untuk dibulatkan.
Jika nilai dari digit_pembulatan adalah positif maka proses pembulatan tersebut akan dilakukan dari kiri ke kanan dari belakang tanda decimal (tanda . atau ,). Sebaliknya, ketika digit_pembulatan memiliki nilai negatif maka proses pembulatan tersebut akan dimulai dari kanan ke kiri yang dimulai dari angka yang berada di depan tanda decimal (tanda . atau ,).

Contoh Penerapan Rumus Excel Round

Jika ingin melakukan pembulatan pada angka yang memiliki nilai decimal maka gunakan angka positif untuk digit_pembulatan, jika proses pembulatan yang diinginkan tidak harus memperhatikan angka decimal maka anda dapat menggunakan angka negatif. Pada contoh dibawah ini, nilai dari digit_pembulatan tertera -1 untuk digunakan pada pembulatan puluhan. Sedangkan digit_pembulatan yang bernilai -2 digunakan untuk pembulatan ratusan. Jika anda ingin membulatkan nilai satuan maka nilai dari digit_pembulatan adalah 0. Contoh dari digit_pembulatan yang bernilai 0 adalah sebagai berikut, =ROUND(6587.805,0), data yang dihasilkan menjadi 6587.
• Syntax dan contoh digit_pembulatan yang bernilai -2

Rumus Excel Round

• Syntax dan contoh digit_pembulatan yang bernilai -1

Fungsi Excel Round

• Syntax dan contoh digit_pembulatan yang bernilai 1

Penerapan Rumus Excel Round

• Syntax dan contoh digit_pembulatan yang bernilai 2

Penerapan Fungsi Excel Round

Contoh Penerapan Rumus Excel Round Pada Pekerjaan Sehari-Hari

Untuk contoh penerapan rumus Excel round ini menggunakan permasalahan dari dunia pendidikan yaitu ketika ingin mengetahui nilai pembulatan pada nilai rata-rata ujian yang dilakukan oleh murid sebuah sekolah. Pada contoh kali ini pembahasan akan lebih fokus pada penggunaan fungsi ROUND, sehingga disini tidak membahas aturan penggunaan fungsi AVERAGE yang merupakan fungsi untuk mencari nilai rata-rata dari sekumpulan data.
• Contoh penerapan rumus Excel round dengan nilai digit_pembulatan -1

Penerapan Rumus Round

• Contoh penerapan rumus Excel round dengan nilai digit_pembulatan 0

Penerapan rumus Round

• Contoh penerapan rumus Excel round dengan nilai digit_pembulatan 1

Penggunaan Rumus Round

Jika anda hanya menggunakan satu nilai digit_pembulatan saja untuk semua baris, maka anda tidak perlu menuliskan rumus fungsi ROUND tersebut pada setiap barisnya. Anda dapat menggunakan cara drag and drop, yaitu dengan mencari tanda “+” yang ada pada bagian bawah dari sebuah cell. Seperti yag dicontohkan pada gambar berikut ini:
Pada contohnya semua hasil pembulatan menggunakan digit_pembulatan dengan nilai 0.

Hasil Penerapan Rumus Round

Sehingga hasilnya menjadi seperti berikut ini:

Hasil Penerapan Fungsi Excel Round

Demikianlah pembahasan mengenai contoh dan penerapan rumus Excel round atau pembulatan. Semoga dapat membantu anda dalam pekerjaan sehari-hari anda.

0 komentar:

Posting Komentar