Cara Membuat Microsoft Word Tidak Bisa Diedit Dengan Praktis

Di era serba modern dan serba canggih seperti saat ini rupanya memberikan dampak positif bagi orang-orang yaitu dengan dimudahkannya aktivitas atau kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi canggih yang telah diciptakan orang-orang itu sendiri. Kemudahan ini terjadi karena banyak sekali teknologi yang tercipta yang dapat memudahkan setiap pekerjaan yang akan dilakukan manusia orang-orang.

Kemajuan teknologi yang terjadi tidak lepas dari perkembangan pola pikir orang-orang yang semakin tinggi. Orang-orang berlomba-lomba berinovasi dan menciptakan penemuan baru yang bisa memudahkan pekerjaan setiap orang. Untuk mendapatkan informasi, kita tidak perlu repot membeli koran berita setiap paginya karena dengan teknologi yanga ada seperti telepon genggam dan social media, informasi apapun dan darimanapun bisa tersebar ke seluruh penjuru dunia hanya dalam beberapa detik.

Dengan kenikmatan yang didapat ini membuat orang-orang sepertinya sulit untuk lepas dari smartphone mereka yang sudah memberikan banyak sekali hal yang bisa membuat mereka bahagia. kecanggihan ini tidak hanya pada penyebaran informasi saja tetapi dalam dunia pendidikan juga sudah semakin maju karena system pembelajaran yang diajarkan beberapa sekolah sudah mulai berbasis internet. Misalnya saja saat mengumpulkan tugas. Beberapa guru di sekolah menugaskan murid-muridnya untuk mengumpulkan tugas melalui email.

Tugas yang diberikan guru biasanya terdapat di internet sehingga murid-murid yang malas terkadang enggan untuk menulis dengan kata-kata mereka dan dengan pengetahuan mereka sendiri sehingga mereka lebih memilih jalur pintas dengan mengcopy-paste jawaban yang ada di internet mereka tidak berpikir bahwa orang yang membuat data tersebut sudah berusaha keras untuk memberikan informasi bagi orang lain tetapi orang lain langsung copy paste begitu saja.

Jika ini terjadi maka murid atau orang yang melakukan tersebut tindakannya bisa disebut plagiarisme. Dan ini sangat tidak dianjurkan melihat orang yang copy paste terkadang tidak mencantumkan nama si pengarang atau si pembuatnya.Untuk menghilangkan jejaknya sebagai plagiat, orang-orang terkadang merubah beberapa kata sehingga plagiarism itu bisa dihindarkan.

Nah, pada artikel kali ini saya mau berbagi tips cara membuat Microsoft Word tidak bisa diedit. Cara ini bisa dikatakan sebagai proteksi atau mengunci agar ide atau gagasan kita tidak digunakan atau bahkan diedit oleh sembarangan orang. Cara yang saya buat di bawah ini adalah untuk Microsoft word 2007. Bagi Anda yang menggunakan Microsoft word 2007 dan sedang mencari cara agar hasil tulisan kamu tidak bisa diedit sama orang lain, yuk simak artikel ini.

Pertama , yang harus kamu lakukan adalah membuka Microsoft Word terlebih dahulu.
Kedua, coba ketiklah data yang nantinya akan kamu proteksi atau bisa juga dibiarkan kosong.
Ketiga, klik menu review dan pilih protect document pada sub menu yang ada di sisi kanan.

Cara Membuat Microsoft Word Tidak Bisa Diedit

keempat, setelah mengklik protect document maka akan muncul form seperti ini

Tips agar Microsoft Word Tidak Bisa Diedit

Kelima, pilih tulisan Restrict Formatting and Editing , sehingga akan muncul form seperti ini

Trik Mengunci Microsoft Word agar Tidak Bisa Diedit

Keenam, centang pada angka nomor 2 yang isinya Allow only this type of editing in the document sehingga akan muncul beberapa pilihan yang mempunyai fungsinya masing-masing. Pilih Filling in forms yang fungsinya agar tulisan di dokumen tidak bisa diedit atau di copy.

Cara Mengunci MS Word agar Tidak Bisa Diedit

ketujuh, pilih yes, start enforcing protection sehingga muncul form untuk mengisi password. Kamu bisa menulis password yang kamu inginkan.

Langkah - Langkah Mengunci MS Word agar Tidak Bisa Diedit

Terakhir, pilih ok dan dokumen yang kamu buat sudah terproteksi.
Ini saja informasi mengenai cara membuat Microsoft Word tidak bisa diedit. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar