Cara Membuat Grafik dan Kurva di Ms Word dengan Mudah

Pasti setiap orang sudah pernah melihat grafik atau kurva. Tetapi beberapa diantaranya mungkin tidak tahu bagaimana cara membuat grafik dan kurva tersebut. jika kamu sedang menyusun laporan, grafik atau kurva ini menjadi bagian yang penting dalam laporan terutama laporan yang membahas tentang analisis data.

Membuat grafik sebenarnya bisa dilakukan secara manual. Tetapi dengan microsoft word kamu bisa membuat grafik atau kurva dengan lebih mudah. Jika membuat grafik atau kurva secara manual maka kamu harus membuatnya dengan sangat teliti agar hasil yang didapat menjadi akurat tetapi dengan Microsoft word kamu tidak perlu susah lagi menggambarnya karena banyak sekali bentuk kurva atau grafik yang ada di Microsoft word yang bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan kamu sendiri tinggal menyesuaikan data yang akan kamu buat saja.

Sebelum membahas cara membuat grafik dan kurva di ms word ada baiknya kita mengenal dulu apa itu grafik? Grafik adalah gambaran grafis dari data angka. Grafik menggambarkan naik turunnya keadaan yang didasarkan pada data yang tersedia. Grafik dibuat untuk memudahkan pembaca dalam melihat perbandingan, peningkatan serta penurunan data. Grafik juga dapat mempersingkat penjelasan yang panjang yang ada di data dalam bentuk tulisan sehingga pembaca akan lebih mengerti maksud dari tulisan yang dibuat dan pembaca juga bisa dengan mudah menganalisis data dari grafik yang dilihat.

Membuat grafik dengan Microsoft word sangatlah menyenangkan karena ada banyak sekali pilihan grafik dengan bentuk-bentuk yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk garis(line), kolom(column), batang(bar), area dan masih banyak lagi bentuk grafik yang menarik lainnya. Masing-masing jenis grafik ini bisa digunakan untuk data yang berbeda-beda.

Jika sudah mengerti apa itu grafik, kamu bisa langsung membuat grafik dengan micrsoft word. Jika diantara kamu masih belum mengerti cara membuat grafik dengan Microsoft word, tenang saja karena membuat grafik dengan program micrsoft word sangatlah gampang. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang cara membuat grafik dan kurva di Ms Word 2007. Mau tahu apa saja tahapannya ? yuk simak artikel ini.

Langkah- Langkah membuat Grafik dan Kurva di Ms Word

  1. Pertama, yang harus kamu lakukan adalah membuka lembar kerja microsft word di computer anda.
  2. Setelah lembar kerja Microsoft word terbuka, selanjutnya kamu klik tombol insert.
  3. Setelah insert di klik maka akan banyak sekali pilihan sub menu.kamu pilih chart yang ada dalam grup illustrations.

    Cara Membuat Grafik dan Kurva di Ms Word
  4. Selanjutnya, akan muncul jendela insert chart. Pada jendela insert chart ini kamu bisa memilih grafik atau chart dengan bentuk yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Karena ada banyak sekali pilihan seperti gambar di bawah ini yang bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu misalnya column, line,pie, bar,area dll.

    Tutorial Membuat Grafik dan Kurva dengan Ms Word

  5. Setelah menemukan bentuk grafik yang diinginkan kamu bisa klik ok maka akan muncul grafik dengan bentuk yang kamu inginkan bersamaan dengan munculnya lembar kerja baru yaitu micrsoft excel seperti tampilan berikut ini.

    Langkah - langkah Membuat Grafik dan Kurva di Ms Word

  6. Jika kamu ingin melakukan perubahan data, kamu bisa mengeditnya melalui lembar kerja pada microsft excel yang sudah tersedia tadi.
  7. Jika data sudah dibuat maka langkah selanjutnya adakah memasukkan judul dan label dengan cara pada toolbar klih chart,pilih chart option sehigga muncul beberapa menu. Klik chart title untuk memasukkan judul grafik yang kamu buat. Klik category (x) untuk nama di sumbu X dan klik category (y) untuk nama di sumbu Y.Tekan ESC. Grafik yang kamu inginkan sudah selesai dibuat.

Semoga bermanfaat ya guys.

0 komentar:

Posting Komentar