Penggunaan Rumus Excel Persen Dan Perkalian Dalam Kehidupan

Rumus Excel Persen dan Perkalian adalah rumus yang paling banyak digunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Pada dasarnya rumus tentang persen dan perkalian ini dapat dilakukan dengan manual atau dengan bantuan kalkulator. Pada artikel akan dijelaskan pengertian, cara penulisan hingga contoh-contoh penerapan dari rumus Excel persen dan perkalian tersebut.

Pengertian Rumus Excel Persen dan Perkalian

Menurut arti katanya, persen merupakan kependekan dari persentase atau yang memiliki arti seperseratus. Sedangkan pengertian dari persen adalah sebuah angka atau rasio (perbandingan) untuk menyatakan pecahan dari seratus. Persentase ini memiliki simbol seperti ini %. Sedangkan perkalian sendiri adalah penskalaan suatu bilangan dengan bilangan lain. Perkalian sendiri merupakan operasi dasar matematika yang sering digunakan bersama dengan operasi dasar lainnya yaitu penjumlahan, pengurangan dan pembagian.

Cara Penulisan Rumus Excel Persen Dan Perkalian

Syntax atau cara penulisan rumus Excel persen ini adalah sebagai berikut:
=(data1/data2)
Hasil yang anda dapatkan masih akan berupa angka biasa, untuk itu anda perlu klik tombol “%” yang ada di toolbar untuk merubah hasil tersebut menjadi persentase.
Sedangkan syntax untuk rumus Excel perkalian memiliki 2 cara, yaitu sebagai berikut:
1. Menggunakan operator asterisk (*)
Syntaxnya adalah =(data1*data2)
2. Menggunakan perintah PRODUCT
Syntaxnya adalah =PRODUCT(data1:data2)

Contoh Penggunaan Rumus Excel Persen dan Perkalian

Contoh Rumus Excel Persen

Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus Excel persen, untuk mengetahui persentase dari nominal angka. Terdapat dua jenis data yaitu harga beli dan harga jual, dimana disini kita ingin mengetahui persentase keuntungan.
Pada kolom C2, rumusnya adalah =(A2/B2). Setelah hasilnya muncul, anda hanya tinggal klik pada symbol “%” seperti yang ditunjukkan pada gambar untuk mengetahui angka persentasenya.

Penggunaan Rumus Excel Persen

Contoh Rumus Excel Perkalian

Sedangkan contoh untuk penggunaan rumus Excel perkalian memiliki dua syntax. Penerapan syntax yang pertama yaitu seperti contoh berikut dimana ada dua data yaitu data1 dan data2. Kali ini kita akan mencari hasil dari jumlah perkalian kedua data tersebut.
Maka pada kolom C2 rumusnya, =A2*B2. Sedangkan untuk kolom C3 rumusnya, =A3*B3.

rumus excel perkalian

Selain menggunakan asterisk, rumus Excel perkalian juga dapat menggunakan rumus PRODUCT. Contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

rumus perkalian dalam excel

Jadi pada kolom C2 rumusnya, =PRODUCT(A2:B2), sedangkan pada kolom C3 rumusnya, =PRODUCT(A3:B3).

Contoh Penggunaan Rumus Excel Persen dan Perkalian Dalam Pekerjaan Sehari-hari

Contoh yang pertama adalah penerapan rumus Excel persen untuk menghitung hasil akhir dari suatu transaksi ketika telah dipotong diskon atau potongan harga dalam jumlah %. Hal seperti ini biasanya terjadi ketika melakukan pembelian dalam jumlah yang banyak sehingga penjual memberikan diskon tertentu, atau ketika sebuah toko mengadakan promosi diskon dalam moment-moment tertentu.
Berikut ini adalah data yang dimiliki oleh toko baju. Untuk mencari data yang ada di kolom biru adalah sebagai berikut:

Untuk mencari Harga Total, rumus yang digunakan untuk kolom D2 adalah =B2*C2, yaitu Harga Satuan dikalikan Jumlah Barang.

penerapan rumus excel persen

Untuk mencari jumlah Potongan, maka rumus yang digunakan untuk kolom F2 adalah =D2*E2, yaitu Harga Total dikalikan Diskon.

contoh pemakaian rumus excel persen

Selanjutnya untuk menentukan jumlah Total Bayar pada kolom G2 maka rumusnya adalah =D2-F2, yaitu Harga Total dikurangi Potongan.

pemakaian rumus excel persen dalam bisnis


Contoh selanjutnya adalah penerapan rumus Excel perkalian pada pekerjaan sehari-hari. Berikut ini adalah data seorang penjual buah yang ingin mengetahui jumlah Harga Total dari penjualan setiap barangnya.
Untuk mencari Total Harga pada kolom D2 maka rumusnya adalah =B2*C2, yaitu Harga dikalikan dengan Jumlah.

penerapan rumus excel perkalian

Demikianlah pembahasan tentang rumus Excel persen dan perkalian. Semoga bermanfaat dalam pekerjan anda.

0 komentar:

Posting Komentar