Cara Membuat Tulisan Arab Di Ms Word Tanpa Software

Cara Membuat Tulisan Arab Di Ms Word - Seperti yang kita tahu perkembangan teknologi yang ada pada setiap Negara mengalami perkembangan yang cukup pesat sehingga setiap kegiatan yang kita lakukan bisa terselesaikan dengan cepat dan mudah. Salah satu aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh semua orang di berbagai negara adalah microsoft word. Microsoft word ini adalah aplikasi buatan microsoft yang berada dalam paket microsoft office. Microsoft word bisa juga disebut sebagai sistem pengolah kata. Aplikasi yang sangat terkenal ini memberikan banyak sekali kemudahan bagi penggunanya.

Teknologi yang semakin maju juga seiring dengan sistem pembelajaran yang semakin canggih karena beberapa sekolah di Indonesia sudah berbasis internet. Dengan adanya internet, pertanyaan yang tidak kita mengerti bisa kita temukan dari internet. Terkadang guru memberikan tugas yang tidak kita mengerti sehingga kita harus mencarinya terlebih dahulu melalui interet. Misalnya saja menulis Arab dengan Microsoft word. Tidak semua orang mengerti cara membuat tulisan Arab dengan microsoft word. Sebenarnya ada beragam cara yang bisa kamu gunakan jika ingin menulis Arab di Microsoft word. Kamu bisa mengatur language dan keyboard yang ada pada komputer atau laptop kamu atau kamu juga bisa menginstal software yang dibuat khusus untuk pengetikan huruf Arab.

Perkembangan pola pikir manusia yang semakin maju inilah yang mendorong manusia tersebut untuk terus berionvasi dan membuat karya baru seperti aplikasi pengetikan huruf Arab ini. Tetapi, banyaknya cara yang bisa kamu tempuh untuk mengetik tulisan Arab terkadang membuat beberapa orang bingung sendiri. Padahal mereka tahu jika ternyata ada cara yang lebih mudah dan lebih praktis. Apakah kamu tahu jika Microsoft word sudah dilengkapi dengan kode khusus untuk menuliskan huruf dari berbagai bahasa seperti China, Arab,Australia,Prancis dll. Tetapi, pada artikel kali ini yang akan saya bahas adalah cara membuat tulisan arab di Ms Word. Artikel ini dibuat khusus untuk kamu yang menggunakan microsoft word 2007. Penasaran dengan caranya? Yuk, simak saja artikel ini.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur sistem keyboard yang ada pada control panel seperti tampilan berikut:

Cara Membuat Tulisan Arab Di Ms Word

Dilihat dari gambar ada banyak sekali pilihan yang memiliki fungsi masing-masing. Kamu bisa pilih Clock, Language and Religion. Di bawah tulisan tersebut ada tulisa change keyboards or other methods yang artinga ubah keyboard atau metode masukan lainnya. Berarti jika kamu ingin mengubah keyboar menjadi huruf Arab kamu harus memilih tulisan tersebut. Setelah di pilih dan klik maka akan muncul tampilan seperti berikut.

tutorial Membuat Tulisan Arab Di Ms Word

Jika tampilan seperti gambar diatas sudah muncul, kamu harus memilih Region and Language pilih Change Keyboards or other input methods sehingga muncul tampilan seperti berikut.

step by step membuat Tulisan Arab Di Ms Word

Klik change keyboard sehingga akan muncul tampilan seperti ini.

langkah - langkah membuat Tulisan Arab Di Ms Word

Klik Add untuk menambahkan keyboard dengan huruf Arab. Setelah Add di klik maka akan muncul pilihan-pilihan. Pilih showmore . selanjutnya kamu klik Arabic(101) jika kamu ingin membuat tulisan huruf Arab di Microsoft Word.

cara membuat Tulisan Arab Di Microsoft Word

Setelah itu klik ok sehingga akan muncul tampilan seperti ini.

tutorial lengkap membuat Tulisan Arab Di Microsoft Word

Bisa dilihat pada gambar di atas terdapat tulisan Arabic(101) itu berarti langkah kamu akan segera selesai. Klik Arabic(101) lalu ok maka di desktop kamu akan muncul gambar seperti ini.

tips membuat Tulisan Arab Di Microsoft Word

Conteng tulisan Arabic (101) dan kembali ke lembar kerja microsoft word. Coba kamu ketik dan lihat huruf yang kamu ketik sudah berubah menjadi tulisan huruf Arab. Selamat mencoba ya mempraktikan Cara Membuat Tulisan Arab Di Ms Word semoga berhasil ya.

0 komentar:

Posting Komentar