Cara Membuat Microsoft Word Tidak Bisa Di Copy dengan Mudah

Perkembangan teknologi sepertinya selalu menunjukkan peningkatan yang cukup pesat. Peningkatan ini didorong oleh factor manusia yang terus berinovasi dan berlomba-lomba untuk menciptakan sesuatu yang dapat memudahkan pekerjaan manusia itu sendiri. Seperti adanya video call, kita tidak perlu lagi repot untuk mengunjungi satu sama lain karena dengan smartphone saja kita sudah bisa berkomunikasi dengan orang lain seperti sedang bertatap muka. Tidak hanya itu, pada system pembelajaran yang ada di sekolah sudah berbasis internet. Para guru sering memberikan tugas untuk membuat makalah atau mencari jawaban yang ada di internet. Semua pertanyaan itu bisa di jawab oleh google dan siswa siswi tersebut bisa langsung membaca dan megambil jawabannya.

Tetapi , kecanggihan teknologi ini sepertinya melenakan beberapa orang sehingga menjadi malas dan enggan untuk belajar. Karena, jawaban yang sudah tersedia di google terkadang langsung di copy paste tanpa memikirkan si penulis yang sudah bersusah payah untuk membuat tulisan tersebut. ketika jawaban yang dicari sudah ketemu atau pertanyaan yang diberikan guru ada di internet, siswa atau siswi pun akan langsung mencomot jawabannya tanpa berpikir apakah itu sudah benar atau salah.

Guru juga sering menugaskan kepada siswa dan siswinya untuk mengumpulkan tugas melalui email. Jadi siswa tidak perlu repot menulis dengan tangan lagi atau juga hasil tugasnya di print kemudian dikumpulkan, melalui email mereka bisa langsung mengirim soft file nya ke email guru yang memberikan tugas. Hanya beberapa detik saja, tugas tersebut sudah terkirim. Guru juga harus pandai memilah tulisan siswa yang copy paste atau tidak. Jika tulisan kamu tidak mau di copy paste sama teman kamu atau sama orang lain , kamu harus mengunci tulisan kamu sehingga tulisan kamu tidak bisa dicopy atau pun di edit. Jika belum tahu cara membuat Microsoft word tidak bisa di copy. Cara ini untuk Microsoft Word 2007 ya guys.

1. Buka file atau dokumen kamu terlebih dahulu atau buat halaman kosong yang nantinya akan diproteksi.
2. Selanjutnya klik menu review dan pilih sub menu protect document yang ada pada pojok kanan.

Cara Membuat Microsoft Word Tidak Bisa Di Copy

3. Ketika protect document di klik maka akan muncul form seperti ini

Tutorial Membuat Microsoft Word Tidak Bisa Di Copy

4. Klik tulisan Restrict Formatting and Editing sehingga akan muncul form seperti ini

trik agar Microsoft Word Tidak Bisa Di Copy

5. Centang pada pilihan nomor 2 yaitu pada tulisan Allow only this type of editing in the document. Sehingga akan muncul form seperti ini

tips untuk membuat Microsoft Word Tidak Bisa Di Copy

Pilihan-pilihan seperti gambar di atas memiliki fungsinya masing –masing misalnya:
1. Tracked Changes, tulisan yang diedit di garis merah(srtroke)
2. Comments,pilihan yang akan membuat tulisan menjadi komentar
3. Filling in forms, pilihan agar tulisan di dokumen tidak bisa diedit ataupun dicopy
4. No changes(read only), ini agar tulisan menjadi anti edit tetapi tetap bisa di copy
Jika sudah mengerti maksud dari keempat pilihan tersebut, pilih filling in forms agar tulisan kamu tidak bisa diedit atau juga dicopy sehingga akan muncul form seperti di bawah ini.

cara agar Ms word Tidak Bisa Di Copy

6. Klik yes, star enforcing protection sehingga akan muncul kotak seperti di bawah ini

langkah - langkah membuat Ms word Tidak Bisa Di Copy

Ini adalah kotak untuk mengisi password agar tulisan kamu tidak bisa di copy. Kamu bisa mengisi password seperti yang kamu inginkan atau bisa juga dibiarkan kosong(Jangan lupa dengan password yang sudah kamu buat agar kamu bisa membukanya lagi suatu saat) . Kemudian klik Ok dan simpan dokumen yang sudah kamu proteksi tadi. Selesai. Demikianlah Cara Membuat Microsoft Word Tidak Bisa Di Copy yang dapat anda praktikan semoga bermanfaat yaa...

0 komentar:

Posting Komentar