Cara Membuat Amplop di word 2007 Dengan Mudah dan Praktis

Dalam dunia kerja, surat menyurat sudah jadi kegiatan yang tidak dapat dihindarkan. Surat sendiri biasanya dijadikan sarana dalam menyampaikan pernyataan atau informasi secara tertulis yang dilakukan dari pihak yang satu ke pihak yang lainnya baik dalam suatu organisasi, instansi atau juga perusahaan.

Surat-menyurat juga bisa sering disebut korespondensi yaitu suatu kegiatan atau hubungan dua pihat yang berkaitan yang terhubung dengan sebuah surat. Hubungan terkait yang terhubung seperti ini biasanya bersifat resmi sehingga kegiatan tersebut dilakukan melalui surat-menyurat.

Kegiatan surat menyurat juga tidak hanya terkait antara pihak dalam dan pihak luar tetapi juga dalam satu instansi atau kantor juga bisa melakukan surat menyurat seperti antara kantor pusat dan kantor cabang. Surat-menyurat harus dilakukan dengan dua arah. Jika surat yang dikirim tidak menerima balasan atau tanggapan ini tidak bisa dinamakan surat menyurat. Suatu organisasi membutuhkan kerjasama dengan pihak lain dalam mencapai tujuannya.

Berbicara soal surat pasti kita juga akan berbicara mengenai amplop. Amplop dan surat menjadi dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Untuk membuat amplop bisa dilakukan melalui Microsoft word yang sudah mencantumkan sepenuhnya mengenai penulisan alamat tujuan serta pengirim surat sehingga bisa membantu memudahkan pekerjaan kita dan kita juga bisa menghemat waktu.

Perlu diperhatikan, sebelum membuat amplop surat kamu harus mengukur terlebih dahulu amplop yang akan digunakan agar bisa disesuaikan dengan tulisan atau keterangan yang akan ditulis dalam Microsoft Word nantinya. Karena dengan menggunakan word, kita bisa langsung mencetak alamat pada amplop dengan praktis. Kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai cara membuat amplop di word 2007 dengan mudah dan praktis. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah membuka lembar baru pada Microsoft Word 2007.
Kedua, klik tab ribbon Malings dan pilih Envelopes yang ada dalam grup create

Cara Membuat Amplop Di Word

Setelah Envelopes dipilih maka akan muncul tampilan jendela Envelopes dan Labels seperti gambar di bawah ini. Arahkan kursor pada kotak Envelopes lalu isi form Delivery Adrees yang sudah tersedia. Form ini diisi dengan alamat yang akan dituju dan pada kotak Return Adress diisi dengan alamat si pengirim surat.

Cara Membuat Amplop Di Word

Sebelum memulai pencetakan amplop ,Coba Anda klik tombol Options untuk melihat opsi pembuatan amplop.

Langkah - langkah Membuat Amplop Di Word

Pada dialog Envelope Options seperti gambar di atas, pilih tab envelope options. Envelope options bertujuan untuk:
  • Mengatur ukuran amplop yang nantinya akan kamu gunakan pada Envelope size, kamu bisa memilih size 9 sampai size 14, B4 , B5, B6,C3,C4,C5,C6 dan masih banyak lagi.
  • Pada bagian Delivery Address, kamu bisa mengatur tulisan alamat yang akan dituju. Kamu bisa mengatur jenis tulisan, warna dan ukuran font yang ingin kamu gunakan maupun posisi pencetakan pada amplop.
  • Pada bagian Return Address, kamu bisa mengatur tulisan alamat pengirim. Kamu bisa mengatur jenis tulisan, warna dan ukuran font yang ingin kamu gunakan maupun posisi pencetakan pada amplop.
  • Pada bagian tab Printing Options, Kamu bisa memilih serta mengatur posisi keterangan pada metode pencetakan pada amplop. klik OK untuk menutup tab tersebut dan kembali pada dialog Envelopes dan Labels.
Setelah semuanya sudah diatur, kamu bisa langsung klik tombol print untuk mencetak amplop yang sudah kamu buat. atau jika ingin menambah lembar amplop klik tombol Add to Document pada awal dokumen sehingga bisa diprint kapanpun yang kamu mau.

Cara buat Amplop Di Ms Word

Terakhir, pada feed form, pilih sesuai dengan keinginan kamu lalu klik ok.

Itulah tadi cara membuat amplop di word 2007 dengan mudah dan praktis. Semga bermanfaat ya guys.

0 komentar:

Posting Komentar